DATA INOVASI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

NO NAMA INOVASI TAHUN PENGGAGAS BENTUK INOVASI KETERANGAN
1. FAKTUR ON LINE 2013 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

MERUPAKAN PENCATATAN SECARA OTOMATIS DARI SELURUH PELAYANAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL ( KTP-ELEKTRONIK, KK (KARTU KELUARGA), SKPWNI, AKTEKELAHIRAN, AKTE KEMATIAN, AKTE PERKAWINAN DAN AKTE PENGANGKATAN ANAK.

2. MAN IC (MADRASAH ALIAH NEGERI INSAN CENDEKIA) 2013 PUPR LAINNYA

MADRASAH ALIAH NEGERI (MAN) INSAN CENDIKIA PADANG PARIAMAN MERUPAKAN LEMBAGA PENDIDIKAN YG BERTUJUAN MEMBENTUK PESERTA DIDIK YG BERIMAN DAN BERTAQWA DISAMPING MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI. SAMPAI SEKARANG DIINDONESIA BARU ADA 20 MAN IC SEPERTI DISERPONG,GORONTALO,JAMBI,BATAM DAN PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT.

3. GERAI DUKCAPIL 2014 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

TUJUAN DARI DISEDIAKANNYA GERAI DUKCAPIL ADALAH MEMPERPENDEK JARAK TEMPUH DAN MEMPERMUDAH MASYARAKAT DALAM PENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN. HAL INI ADALAH BENTUK USAHA UNTUK MENGATASI LUASNYA DAERAH PELAYANAN (1.320 KM2) DITAMBAH TOPOGRAFI WILAYAH YANG BERAGAM. SAAT INI SUDAH TERBENTUK KANTOR UNIT PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI DAERAH SUNGAI LIMAU.

4. PAPA SEHAT 2014 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

PAPA SEHAT MERUPAKAN PROGRAM PADANG PARIAMAN SEHAT YANG BERGUNA UNTUK MEMBERIKAN KEPASTIAN JAMINAN DAN PERLINDUNGAN PELAYANAN TERHADAP MASALAH KESEHATAN DIMASYARAKAT. DENGAN ADANYA PADANG PARIAMAN SEHAT MENGAKIBATKAN TERWUJUDNYA AKSES DAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN, TERSEDIANYA FASILITAS DN PELAYANAN KESEHATAN YANG TERJANGKAU, BERMUTU DAN AMAN, TERATASINYA KASUS-KASUS PENYAKIT DAN MASALAH KESEHATAN YANG DITEMUKAN LANGSUNG OLEH BIDAN DESA DAN PETUGAS KESEHATAN DAN SEGERA DITINDAKLANJUTI, TERSEDIANYA TENAGA, PERALATAN, OBAT DAN BAHAN HABIS PAKAI YANG CUKUP DIFASILITAS PELAYANAN PERSALINAN, TERWUJUDNYA PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP POLA PENCARIAN PENGOBATAN DAN PERTOLONGAN PERSALINAN YANG DILAKSANAKAN OLEH TENAGA YANG PROFESIONAL, MENINGKATNYA PERAN AKTIF MASYARAKAT DALAM UPAYA PENURUNAN KEMATIAN IBU DAN BAYI BARU LAHIR DALAM MASALAH KESEHATAN LAINNYA.

5. PEMBANGUNAN POLI TEKNIK PELAYARAN (POLTEK PEL) 2014 DINAS PERHUBUNGAN PELAYANAN PUBLIK

POLTEKPEL SUMATERA BARAT DIBANGUN DIATAS LAHAN SELUAS 37 HA DENGAN ANGGARAN RP. 509,82 MILYAR. PADA TAHUN 2015 PEMBANGUNAN INI BERNAMA BP2IP ( BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN ). NAMA TERSEBUT DIBAH MENJADI POLTEKPEL SUMATERA BARAT. BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : 5 TAHUN 2018 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT. POLTEKPEL DIHARAPKAN BISA MENJADI WADAH LAHIRNYA PUTRA PUTRI MINANG YANG BERKUALITAS DIBIDANG PELAYARAN, SEHINGGA TERSALURKAN KE INDUSTRI PELAYARAN DOMESTIK MAUPUN INTERNASIONAL.

6. PENDAFTARAN VARIETAS TANAMAN HORTIKULTURA JAMBU BIJI MERAH 2014 DINTAN KP LAINNYA

PERKEMBANGAN TANAMAN JAMBU BIJI MERAH DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN YANG ASAL USULNYA BELUM DIKETAHUI UNTUK ITU PERLU DILAKUKAN PENDAFTARAN VARIETAS TANAMAN JAMBU BIJI MERAH DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. TUJUANNYA ADALAH ADANYA VARIETAS JAMBU BIJI MERAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN YANG DINAMAKAN VARIETAS PIRAWEH AMPALU.

7. MIKI MOS (MITRA KIRIMAN MELALUI POS) 2015 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

MIKI MOS MERUPAKAN JASA PENGIRIMAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DARI DUIKCAPIL MELALUI KERJASAMA DENGAN PT. POS INDPONESIA. HAL INI BERTUJUAN UNTUK MENGURANGI PENUMPUKAN BERKAS DI LOKET PENGAMBILAN BERKAS DAN MENGHINDARI MASYARAKAT BOLAK-BALIK UNTUK PENGAMBILAN BERKAS. DENGAN DEMIKIAN MASYARAKAT APAT TERBANTU UNTUK MENGHEMAT BIAYA, WAKTU DAN TENAGA YANG DIKELUARKAN.

8. PAPA TANGKAS GADA 119 2015 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

PAPA TANGKAS GADA 119 MERUPAKAN PADANG PARIAMAN TANGGAP KASUS GAWAT DARURAT 119 YANG BERGUNA UNTUK MEMPERCEPAT RESPONSE TIME PENANGANAN KORBAN KEGAWATDARURATAN PRA RUMAH SAKIT, MEMPERCEPAT PROSES EVAKUASI KORBAN KE FASILITAS KESEHATAN TERDEKAT SERTA MENCEGAH KECACATAN DAN KEMATIAN AKIBAT KEGAWATDARURATAN.

9. EMBARKASI HAJI PADANG PARIAMAN 2015 PUPR LAINNYA

SEHUBUNGAN ASRAMA HAJI EMBARKASI PADANG DI TABING TIDAK BISA DIKEMBANGKAN LAGI, MAKA PERLU DIBANGUN ASRAMA HAJI BARU UNTUK PELAYANAN LEBIH BAIK BAGI JAMAAH. PEMDA KAB. PADANG PARIAMAN MENYEDIAKAN LAHAN 10 HA DI KEC. BTG ANAI LEBIH DEKAT DENGAN BANDARA. PEMBANGUNAN EMBARKASI HAJI YANG TELAH DIMULAI TAHUN 2015 INI DIHARAPKAN DAPAT MEMBERIKAN PELAYANAN YANG LEBIH BAIK TERHADAP CALON JAMAAH HAJI DI SELURUH KAB/KOTA DI WILAYAH PROVINSI SUMATERA BARAT.

10. SIMLUHTAN 2015 DINTAN KP TATA KELOLA PEMERINTAH

DALAM RANGKA PERCEPATAN DATA DAN INFORMASI PENYULUHAN PERTANIAN AGAR EFEKTIF DAN EFISIES SERTA MEMENUHI 4 TEPAT YAITU TEPAT WAKTU, TEMPAT, SASARAN DAN TEPAT KEBUTUHAN, MAKA DICIPTAKANLAH SIMLUHTAN. TUJUANYA ADALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDATAAN KELEMBAGAAN PENYULUHAN, KETENAGAAN PENYULUHAN DAN KELEMBAGAAN PELAKU UTAMA YANG AKURAT, SEHINGGA DAPAT DIMANFAATKAN DALAM PENETAPAN KEBIJAKAN PENYULUHAN.

11. ITS POMPA PAPA (IRIGASI TENAGA SURYA) 2015 DINTAN KP LAINNYA

ITS POMPA PAPA MERUPAKAN POMPA AIR TENAGA SURYA YANG BEKERJA SECARA OTOMATIS YANG DIGUNAKAN UNTUK PENGAIRAN AREAL SAWAL YANG SELAMA INI MASIH BERGANTUNG TERHADAP AIR HUJAN. POMPA AIR INI MUDAH DALAM PERAWATAN SEHINGGA TIDAK MEMERLUKAN OPERATOR KHUSUS DALAM OPERASIONAL. PENGUNAAN POMPA AIR TENAGA SURYA TIDAK PERLU MENGELUARKAN BIAYA UNTUK MEMBAYAR LISTRIK.

12. PIJAT BAYI 2015 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Program inovasi ini bertujuan mendeteksi menstimulasi dan intervensi dini terhadap perkembangan tumbuh kembang

13. PAK - YAN (PAKET LAYANAN) 2016 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

PAK YAN ADALAH SEBUAH INOVASI DUKCAPIL DIMANA SATU OPERATOR DAPAT MELAKUKAN LEBIH DARI SATU JENIS LAYANAN PENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL. PAKET LAYANAN YANG DISEDIAKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL MEMUDAHKAN MASYARAKAT DALAM PENGURUSAN DOKUMENNYA. KARENA SATU OPERATOR BISA MELAKUKAN LEBIH DARI SATU TUGAS, SEPERTI DISAAT MENIKAH, MAKA 2KTP, KK BARU BAGI YANG BERSANGKUTAN DAN ORANG TUA AKAN LANGSUNG DITERBITKAN.

14. APLIKASI PAPA RERANKES 2016 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

APLIKASI INI MERUPAKAN APLIKASI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN KESEHATAN YANG BERGUNA UNTUK MELIHAT DAN MEMANTAU PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DINAS KESEHATAN DAN PUSKESMAS SEHINGGA PELAKSANAAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SINKRON DENGAN PERENCANAAN YANG DILAKUKAN . APLIKASI INI UNTUK MENGHINDARI TERJADINYA TUMPANG TINDIH DARI BEBERAPA SUMBER ANGGARAN YANG DIDAPATKAN OLEH PUSKESMAS.

15. KAWASAN TERPADU TAROK (KTT PAPA) 2016 PUPR PELAYANAN PUBLIK

KAWASAN TERPADU TAROK (KTT PAPA) ADALAH INOVASI DAERAH DENGAN MENDIRIKAN SUATU KAWASAN YANG BERTUJUAN UNTUK MENCIPTAKAN DAN MENGEMBALIKAN POSISI KABUPATEN PADANG PARIAMAN SEBAGAI KABUPATEN PENDIDIKAN BAIK SUMATERA BARAT MAUPUN NASIONAL DAN MENCIPTAKAN PUSAT PENGEMBANGAN EKONOMI WILAYAH YANG BERBASIS DAYA DUKUNG DAN DAYA TAMPUNG SDA BERDASARKAN JASA EKOSISTEM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP.

16. MASJID RAYA PADANG PARIAMAN 2016 PUPR PELAYANAN PUBLIK

PEMBANGUNAN MASJID RAYA PADANG PARIAMAN INI DILAKSANAKAN BERTUJUAN SEBAGAI WADAH PUSATNYA KEGIATAN KEAGAMAAN DAN PENDIDIKAN AGAMA UNTUK WILAYAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN DENGAN DITUNJANG DENGAN SARANA PRASARANA PENDUKUNG DALAM SATU KAWASAN MASJID RAYA PADANG PARIAMAN DI KAWASAN IBUKOTA KABUPATEN NAGARI PARIT MALINTANG KECAMATAN ENAM LINGKUNG. DENGAN RENCANA LOKASI YANG BERDEKATAN DENGAN JALAN LINGKAR DUKU - SICINCIN, TENTUNYA KAWASAN MASJID RAYA PADANG PARIAMAN INI JUGA AKAN BERFUNGSI SEBAGAI REST AREA BAGI PENGGUNA JALAN LINGKAR DUKU - SICINCIN SEHINGGANYA NANTI SARANA PRASARANA PENDUKUNG DI KAWASAN MASJID RAYA TERSEBUT BERFUNGSI SEBAGAI LOKASI REST AREA. DENGAN DEMIKIAN DIHARAPKAN PEMBANGUNAN MESJID RAYA INI JUGA AKAN MEMBERIKAN MULTIPLIER EFFECT UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAERAH.

17. JEMBATAN LUBUK TANO 2016 PUPR LAINNYA

JEMBATAN INI TERLETAK DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN KECAMATAN VII KOTO SEI. SARIAK. JEMBATAN INI BERFUNGSI UNTUK MENGHUBUNGKAN BEBERAPA DESA YAITU SUNGAI SARIAK DENGAN KOTO BARU. JEMBATAN INI SANGAT DIHARAPKAN OLEH MASYARAKAT KARENA BISA MENEMPUH PERJALANAN LEBIH SINGKAT, BIASA MASYARAKAT UNTUK MENUJU DESA SEBELAH HARUS MELEWATI JALAN +- 30 KM. SEMENJAK JEMBATAN INI SELESAI DAN BISA DILEWATI MASYARAKAT HANYA BUTUH MENEMPUAH JALAN +- 5 KM. SELAIN HAL TERSEBUT JEMBATAN INI JUGA DIRANCANG UNTUK REKREASI KELUARGA, KARENA DIBAWAH JEMBATAN DI BANGUN TAMAN YANG BISA JUGA MENAIKKAN DAYA TARIK WISATAWAN DATANG UNTUK KE DAERAH INI.

18. EFEKTIVITAS ALOKASI DANA NAGARI UNTUK USAHA KAKAO DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN 2016 DINTAN KP LAINNYA

INOVASI INI BERTUJUAN MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN NAGARI YANG PROFESIONAL, EFISIEN DAN EFEKTIF. DENGAN ADANYA KEGIATAN DIHARAPKAN TERJADINYA UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KAKAO DAN TERJADINYA EFEKTIVITAS BANTUAN BERUPA SOSIAL ATAU HIBAH DALAM PENGGUNANNYA.

19. Kerjasama dengan Kejaksaan tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara 2016 BPKD TATA KELOLA PEMERINTAH

Dilatarbelakangi oleh Banyaknya pajak yang tidak tertagih, dengan demikian diharapkan Meningkatnya penadapatan pajak daerah

20. WISATA SEHAT PANTAI TIRAM 2016 DISPARPORA PELAYANAN PUBLIK

Program inovasi ini bermaksud Untuk meminimalisir resiko kecelakaan yang terjadi dan menghindari munculnya penyakit dari makanan yang tersedi di

tempat wisata

21. KADO KU KTP-EL 2017 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

KADO KU KTP-EL MERUPAKAN BENTUK INOASI PENDAFTARAN PENDUDUK DIMANA SETIAP SISWA SMU YANG BERUSIA 17 TAHUN AKAN DITERBITKAN KTP-ELNYA. DIMANA PETUGAS MENDATANGI SEKOLAH-SEKOLAH UNTUK DILAKUKAN PEREKAMAN KTP-EL SESUAI DENGAN DATA YANG DIMILIKINYA.

22. COKLAT PEMILU 2017 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

COKLAT PEMILU MERUPAKAN INOVASI BERUPA APLIKASI BERBASIS ANDROID YANG DICIPTAKAN DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM COKLIT DARI KPU. DIMANA APLIKASI INI DAPAT DIMANFAATKAN PANTARLIH KPU PADANG PARIAMAN UNTUK CEK STATUS DATA MASYARAKAT SECARA ONLINE VIA ANDROID. DENGAN APLIKASI INI PANTARLIH DAPAT MEMASUKAN DATA LANGSUNG BERDASARKAN KEADAAN LAPANGAN. NANTINYA AKAN TERLIHAT STATUS DATA KEPENDUDUKAN MASYARAKAT TERSEBUT.

23. APLIKASI E-PUSKESMAS 2017 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

APLIKASI INI BERGUNA UNTUK MELIHAT SECARA ONLINE MANAJEMEN PUSKESMAS. E PUSKESMAS DAPAT DILIHAT OLEH APARAT PEMERINTAHAN YANG DIBERI KEWENANGAN UNTUK MEMANTAU PERKEMBANGAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS. APLIKASI INI DAPAT MELIHAT JUMLAH PASIEN YANG MELAKUKAN PENDAFTARAN DAN JUMLAH ANTRIAN PASIEN, PASIEN YANG TELAH DAN SELESAI MENDAPATKAN PELAYANAN.

24. LASKAR NAGARI PEDULI PANGAN DAN GIZI 2017 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

LASKAR NAGARI PEDULI GIZI MERUPAKAN KEGIATAN PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN INTENSIF KEPADA IBU HAMIL MULAI DARI AWAL PERTAMA KEHAMILAN SAMPAI ANAK USIA 24 BULAN ( 1000 HPK) MELALUI PENDEKATAN KELUARGA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN TUJUAN MENEKAN ANGKA STUNTING DAN MENCEGAH KEJADIAN STUNTING DI MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS. LASKAR NAGARI PEDULI GIZI INI JUGA MENGINTERVENSI SMUA PERMASALAH GIZI YANG ADA MULAI DARI MASALAH GIZI MASYARAKAT SAMPAI KE MASALAH GIZI INDIVIDU DENGAN KERJASAMA LINTAS SEKTOR DAN LINTAS PROGRAM YANG BAIK TERKAIT DENGAN MEMAKSIMALKAN UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF KESEHATAN MASYARAKAT

25. KAWASAN BEBAS ASAP ROKOK 2017 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

PEMDA KAB. PADANG PARIAMAN MELALUI DINAS KESEHATAN TELAH MENETAPKAN PERDA KAWASAN BEBAS ASAP ROKOK. PENETAPAN KAWASAN TANPA ROKOK INI PERLU DISELENGGARAKAN DI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN, TEMPAT PROSES BELAJAR MENGAJAR, TEMPAT ANAK BERMAIN, TEMPAT IBADAH, ANGKUTAN UMUM, TEMPAT KERJA, TEMPAT UMUM DAN TEMPAT LAIN YANG DITETAPKANPENETAPAN KAWASAN TANPA ROKOK MERUPAKAN UPAYA PERLINDUNGAN UNTUK MASYARAKAT TERHADAP RISIKO ANCAMAN GANGGUAN KESEHATAN KARENA LINGKUNGAN TERCEMAR ASAP ROKOK.

26. SEJATI ( SEHARI JADI GRATIS ) 2017 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK SDH ADA PERKA

PELAYANAN SEJATI MERUPAKAN INOVASI YANG DIGAGAS OLEH DPMPTP KAB. PADANG PARIAMAN UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN YANG MAKSIMAL KEPADA MASYRAKAT. INOVASI INI DIMAKSUDKAN UNTUK MERUBAH PANDANGAN MASYARAKAT YANG MERASA (BERASUMSI) BAHWA MENGURUS PERIZINAN LAMA DAN PROSEDURNYA BERBELIT-BELIT, UNTUK ITU DENGAN ADANYA SEJATI INI IZIN MASYARAKAT DAPAT DISELESAIKAN DALAM SATU HARI. ADAPUN JENIS IZIN YANG TERDAPAT DALAM SEJATI INI YAITU : SIUP, TDP, TDG, SIRTP, IUJK, DAN SIP (DOKTER, BIDAN, PERAWAT DAN APOTEKER)

27. AJEP PAPA ( ANTAR JEMPUT PERIZINAN PADANG PARIAMAN ) 2017 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK SDH ADA PERKA

SAAT SEKARANG INI WAKTU MERUPAKAN SUATU HAL YANG SANGAT PENTING BAGI MASYARAKAT KARENA SETIAP DETIK DAN MENITNYA AKAN MEREKA MANFAATKAN SEBAIK MUNGKIN UNTUK MENCARI HAL-HAL YANG BERGUNA SESUAI DENGAN KEPENTINGAN MASING-MASING. HAL INI DAPAT DIJADIKAN GAMBARAN BAHWA MASYARAKAT AKAN MERASA RUGI DAN BOSAN JIKA HARUS BOLAK-BALIK KE PTSP. UNTUK ITU DPMPTP MEMBUAT GAGASAN BARU DENGAN MENGHADIRKAN LAYANAN AJEP PAPA YANG DAPAT MEMANJAKAN MASYARAKAT KARENA CUKUP MENELPON NOMOR CALL CENTER DPMPTP (08116607788) MAKA PETUGAS AKAN MENJEMPUT DAN MENGANTARKAN LANGSUNG SAMPAI KEALAMAT UNTUK SETIAP JENIS PERIZINAN YANG DIAJUKAN MASYARAKAT.

28. APLIKASI SINARO ( SISTEM INFORMASI BERBASIS ANDROID) 2017 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

SEMAKIN CANGGIH DAN CEPATNYA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI SAAT SEKARANG INI MEMICU DAN MENGHARUSKAN BERBAGAI PIHAK UNTUK MENCIPTAKAN HAL-HAL BARU, APALAGI KETERGANTUNGAN MASYARAKAT TERHADAP SMARTPHONE SUDAH TIDAK BISA DIPUNGKIRI LAGI. HAL INI LAH YANG DIJADIKAN IDE OLEH DPMPTP UNTUK MENCIPTAKAN INOVASI TERBARU YAITU APLIKASI SIMPEL BERBASIS ANDROID YANG DAPAT DI DOWNLOAD DI PLAYSTORE SECARA GRATIS. INOVASI INI DAPAT MEMBANTU DAN MEMPERMUDAH MASYARAKAT DALAM PENGAJUAN PERIZINAN.

29. LAYANAN TRACKING IZIN VIA ANDROID 2017 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

MASYARAKAT YANG TELAH MENYERAHKAN BERKAS PERIZINAN DAN SUDAH DIPROSES MELALUI APLIKASI SIMPEL KADANG BERTANYA-TANYA SUDAH SAMPAI DIMANA STATUS PERIZINAN YANG MEREKA URUS TERSEBUT. SEKARANG MASYARAKAT/PEMOHON DAPAT MEMANTAU ATAU MONITORING SETIAP ALUR PROSESNYA KARENA DPMPTP KABUPATEN PADANG PARIAMAN SUDAH MEMFASILITASI TRACKING STATUS IZIN MENGUNAKAN SMARTPHONE, DENGAN CARA MENDOWNLOAD APLIKASINYA DI PLAY STRORE DAN LALU MEMBUKA MENU TRACKING SERTA MENGARAHKANNYA KE BARCODE YANG TERTERA PADA TANDA TERIMA BERKAS MAKA APLIKASI AKAN MENUNJUKAN SUDAH DIMANA STATUS IZIN PEMOHON, APAKAH MASIH DI BACK OFFICE ATAU BELUM DIVERIFIKASI KABID ATAU BAHKAN SK SUDAH BISA DIAMBIL. HAL INI AKAN MEMBUAT SEMUANYA MENJADI EFEKTIF DAN EFISIEN SERTA SEMUA TUJUAN AKAN CEPAT TERCAPAI.

30. PANTER DARAT (PENGADUAN TERINTEGRASI DENGAN INSPEKTORAT) 2017 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

KEPUASAN DAN KENYAMANAN MASYARAKAT MERUPAKAN HAL YANG UTAMA DIDALAM SEBUAH LAYANAN PUBLIK, TETAPI PADA SAAT SEKARANG INI MASIH BANYAK KITA LIHAT MASYARAKAT MERASA KURANG NYAMAN DAN SENANG AKAN PELAYANAN YANG TELAH DIBERIKAN. OLEH KARENA ITU DPMPTP MENCIPTAKAN INOVASI TERBARU DENGAN MENGHADIRKAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI SMARTPHONE (ANDROID) YANG SEKALIGUS TERINTEGRASI ATAU BISA DIPANTAU LANGSUNG OLEH INSPEKTORAT KAB. PADANG PARIAMAN, JADI MASYARAKAT BISA MENYAMPAIKAN PENGADUAN SEPUASNYA.

31. BEKERJASAMA DENGAN PT. POS INDONESIA 2017 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK MOU

DALAM RANGKA MENINGKATKAN LAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN KEPADA MASYARAKAT, DPMPTP KABUPATEN PADANG PARIAMAN MELAKUKAN TEROBOSAN BARU DALAM HAL PENDISTRIBUSIAN DOKUMEN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN SERTA SURAT KEDINASAN LAINNYA, YAITU UNTUK MEMPERMUDAH MASYARAKAT TIDAK PERLU DATANG BOLAK-BALIK KE KANTOR LAYANAN DPMPTP, KINI WARGA CUKUP MENUNGGU DI RUMAH, SETELAH PROSES PERIZINAN SELESAI, PETUGAS PT. POS INDNESIA AKAN DATANG MENGANTARKAN DOKUMEN PERIZINAN KEPADA MASYARAKAT TANPA DIPUNGUT BIAYA (GRATIS). DENGAN PROGRAM KERJASAMA DPMPTP KABUPATEN PADANG PARIAMAN DENGAN PT. POS INDONESIA INI, MASYARAKAT BISA HEMAT BIAYA TRANSPORTASI, WAKTU DALAM PENGURUSAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN YANG DITANGGUNG MELALUI APBD KABUPATEN PADANG PARIAMAN. MASYARAKAT HANYA MENUNGGU DIRUMAH SAJA DAN DOKUMEN DIANTAR SESUAI ALAMAT YANG JELAS.

32. LASADA ONLINE (LAYANAN SATU DATA ONLINE) 2017 DISKOMINFO PELAYANAN PUBLIK

LASADA ONLINE MERUPAKAN INISIATIF DAN KOMITMEN PEMERINTAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN UNTUK MEWUJUDKAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN YANG BARU, RELIGIUS, CERDAS DAN SEJAHTERA. INOVASI BERBENTUK APLIKASI INI MERUPAKAN SEBAGAI WUJUD KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK YANG DIDUKUNG OLEH PERATURAN BUPATI NOMOR 20 TAHUN 2017 TENTANG STANDAR DAN PROSEDUR PENGELOLAAN SATU DATA KABUPATEN PADANG PARIAMAN. APLIKASI INI DIBUAT OLEH DINAS KOMINFO YANG BERPERAN SEBAGAI KOORDINATOR DALAM RANGKA MEMPEROLEH DATA UNTUK MENGISI PORTAL SATU DATA DALAM LUMBUNG DATA KABUPATEN PADANG PARIAMAN.

33. OJEK PARIWISATA (OJP) 2017 DISPARPORA PELAYANAN PUBLIK

OJP MERUPAKAN BENTUK PENGOPTIMALAN PENGUNAAN TRANSPORTASI UMUM OJEK SEBAGAI PILIHAN WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA. TUJUAN OJP INI TENTU SAJA YANG UTAMA ADALAH AGAR ADANYA INOVASI DALAM PENCAPAIAN OBJEK WISATA DENGAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI OJEK. MANFAAT OJP INI AGAR PARA OJEKERS MEMIILIKI INCOME TAMBAHAN DAN TERPENUHINYA TRANSPORTASI UMUM BAGI WISATAWAN.

34. PELAYANAN LAPANGAN TERPADU (LAYANG PADU) 2017 KEC. ENAM LINGKUNG PELAYANAN PUBLIK

LAYANG PADU MERUPAKAN TEROBOSAN KEC. ENAM LINGKUNG DENGAN TUJUAN MEMBERIKAN PELAYANAN YANG CEPAT, MUDAH DAN MURAH SECARA TERINTEGRASI D LAPANGAN YANG DI PUSATKAN DI NAGARI-NAGARI SEHINGGA MASYARAKAT DAPAT MEMPEROLEH PELAYANAN YANG CEPAT TANPA HARUS JAUH PERGI KE KANTOR CAMAT.

35. TIMITIRA (TIAP MINGGU TIAP RABU) 2017 DPPKB PELAYANAN PUBLIK

DALAM RANGKA MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM KKBPK (KEPENDUDUKAN, KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA), KHUSUSNYA UNTUK MENEKAN ATAU MENURUNKAN ANGKA KELAHIRAN, DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN PADANG PARIAMAN MERANCANG SUATU PROGRAM TIMITIRA (TIAP MINGGU TIAP RABU), YANG ARTINYA KIE DAN PELAYANAN PEMASANGAN ALAT KONTRASEPSI KB DILAKSANAKAN SETIAP MINGGU PADA HARI RABU.

36. PELAYANAN INOFRMASI PASAR PERTANIAN (ANSIPP) 2017 DINTAN KP PELAYANAN PUBLIK

SALAH SATU UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKSES PETANI TERHADAP PASAR DAN INFORMASI PASAR ADALAH DENGAN ADANYA PELAYANAN INFORMASI PASAR. TUJUAN PELAYANAN INFORMASI PASAR KOMODITI PERTANIAN ADALAH UNTUK MENCIPTAKAN SISTEM PELAYANAN INFORMASI PASAR YANG CEPAT, TEPAT, KONTINUE DAN UP TO DATE DAN DAPAT DIPERCAYA AGAR LANGSUNG DAPAT DIMANFAATKAN OLEH PARA PENGGUNA INFORMASI. DENGAN DEMIKIAN DAPAT MEMUDAHKAN PENGAMBIL KEBIJAKAN DALAM MENYUSUN KEBIJAKAN PEMASARAN KOMODITAS PERTANIAN.

37. KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KAERPEEL) 2017 DINTAN KP LAINNYA

MERUPAKAN INOVASI BERUPA PROGRAM DENGAN MELAKUKAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN PEKARANGAN SECARA INTENSIF DENGAN BERTANAM TANAMAN PANGAN YANG BERMANFAAT UNTUK PEMENUHAN GIZI KELUARGA.

38. PENGOLAHAN PANGAN ALTERNATIF (PEPA) 2017 DINTAN KP LAINNYA

TUJUAN INOVASI INI ADALAH DIVERSIFIKASI PRODUK PANGAN MELALUI PENGOLAHAN PANGAN. DENGAN ADANYA PENGOLAHAN PANGAN ALTERNATIF INI DIDAPATKAN HASIL DARI PRODUK OLAHAN PANGAN YANG BERNILAI EKONOMI SERTA DAPAT MENINGKATKAN TARAF HIDUP MASYARAKAT.

39. BPT KELAPA DALAM 2017 DINTAN KP LAINNYA

BLOK PENGHASIL TINGGI (BPT) MERUPAKAN KEBUN SUMBER BENIH YANG MENGACU KEPADA PERATURAN MENTERI PERTANIAN 322/KPTS/KB.020/9/2015 TENTANG PEDOMAN PRODUKSI, SERTIFIKASI, PEREDARAN DAN PENGAWASAN MUTU TANAMAN KELAPA. PENETAPAN KEBUN SUMBER BENIH INI DAPAT MENUMBUHKAN PENYEDIA DAN PENANGKAR BENIH KELAPA. SEHINGGA PADA AKHIRNYA AKAN MENINGKATKAN NILAI JUAL DAN NILAI TAMBAH MASYARAKAT DAN AKAN BERMUARA PADA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DAN WILAYAH PADANG PARIAMAN.

40. BPT PINANG WANGI DAN PINANG UNGGUL LOKAL 2017 DINTAN KP LAINNYA

PINANG JENIS INI (PINANG WANGI) MEMILIKI KEHASAN DAN BAHKAN BISA DIKATAKAN ENDEMIK. KARENA KE KHASANYA TERSEBUT DAPAT DI JADIKAN SEBAGAI SUMBER BENIH PINANG WANGI DAN BAHKAN BERPOTENSI DIJADIKAN VARIETAS UNGGUL BARU (VUB) YANG DAPAT MENABAH KHASANAH PLASMA NUFAH TANAMAN PALM DI INDONESIA.YANG MENJADI PEMBEDA ADALAH DARI BENTUK MORFOLOGI BUAH, DAUN DAN KEMUNGKINAN SIFAT KIMIA LEBIH KAYA TANIN. UNTUK MENJAGA HAL TERSEBUT MAKA PERLU PENETAPAN BLOK PENGHASIL TINGGI (BPT) DAN POHON INDUK TERPILIH (PIT) TANAMAN PINANG WANGI DAN PINANG UNGGUL LOKAL DI KAB. PADANG PARIAMAN.

41. PERTANIAN MODERN 2017 DINTAN KP PELAYANAN PUBLIK

INOVASI INI MERUPAKAN PENCIPTAAN PERTANIAN BERBASIS TEKNOLOGI DAN MENGUBAH PARADIGMA YANG ADA DI MASYARAKAT BAHWA PEKERJAAN PETANI IDENTIK DENGAN KEMISKINAN, BAHWA PETANI BISA MENJADI PROFESI YANG MENJANJIKAN UNTUK MASA DEPAN. TUJUANNYA ADALAH MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, MENINGKATKAN INDEK PERTANAMAN PADI,UNTUK MENCAPAI SWASEMBADA PANGAN.

42. KATA PAPA (KARTU TANI PADANG PARIAMAN) 2017 DINTAN KP TATA KELOLA PEMERINTAH

KATA PAPA MERUPAKAN PENGELOLAAN SUBSIDI PUPUK YANG DI FOKUSKAN MELALUI PROSES PENYEMPURNAAN DAN PERBAIKAN DATA YANG DISELARASKAN DENGAN NIK DAN MEKANISME PENYALURAN SUBSIDI PUPUK MELALUI KARTU TANI. TUJUANNYA ADALAH MEMBANTU PETANI AGAR MUDAH MENDAPATKAN PUPUK SECARA TEPAT WAKTU DAN HARGA YANG TERJANGKAU DAN MENDUKUNG PENINGKATAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHA TANI.

43. POSLUHNAG (POS PENYULUHAN NAGARI) 2017 DINTAN KP TATA KELOLA PEMERINTAH

SALAH SATU UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS/KEMAMPUAN PELAKU UTAMA DAN PELAKU USAHA YAITU DENGAN PENUMBUHAN DAN PENGEMBANGAN POS PENYULUH DESA/NAGARAI (POSLUHNAG), SEBAGAI KELEMBAGAAN PENYULUHAN DITINGKAT NAGARI/DESA. DENGAN ADANYA KELEMBAGAAN PENYULUHAN DI TINGKAT DESA/NAGARI DIHARAPKAN DAPAT MEMPERCEPAT UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MASYARAKAT PERDESAAN UTAMANYA PELAKU UTAMA DAN PELAKU USAHA.

44. SERGAP KAMPUNG KB 2017 DPPKB PELAYANAN PUBLIK

SERGAP KAMPUNG KB ADALAH SINGKATAN DARI SUVEY, EVALUASI, RENCANAKAN, GERAKKAN, AKSI DAN BERSAMA KAMPUNG KB YANG BERTUJUAN DAPAT MENGIMPLEMENTASIKAN KEGIATAN PRIORITAS PROGRAM KKBPK (KEPENDUDUKAN, KELUARAGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA) SECARA UTUH DI TINGKAT WILAYAH. DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA YANG JUGA MERUPAKAN PERPANJANGAN TANGAN DARI BKKBN MEMBENTUK PROGRAM SERGAP KAMPUNG KB UNTUK MELAKSANAKAN AGENDA PEMBANGUNAN NASIONAL (NAWACITA) YANG DIMANDATKAN KEPADA BKKBN KHUSUSNYA AGENDA PRIORITAS KE-3, KE-5 DAN KE-8.

45. Duta TB 2017 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Bertujuan Memnerikan akses pelyanan TB bagi masyarakat di daerah yang sulit di jangkau dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat yang peduli dan tanggap terhadap permasalahan TB di wilayah.

46. Posyandu Remaja 2017 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Program ini bertujuan memberika perbekalan kepada remaja dalam mengenali serta permasalahan yang timbul di usia remaja

47. Kerjasama dengan BPN terkait Kewajiban Penyetoran Pajak Daerah 2017 BPKD TATA KELOLA PEMERINTAH

Yang menjadi dasar lahirnya inovasi ini adalah Kepatuhan wajib pajak yang masih kurang dalam membayar pajak. Tujuannya adalah Meningkatnya pendapatan pajak daerah

48. DUKCAPIL MENGGODA 2017 S/D SAAT INI DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

DALAM HAL INI PALANG MERAH INDONESIA (PMI) AKAN MELAKUKAN PENGECEKAN GOLANGAN DARAH BAGI PENDUDUK YANG AKAN MELAKUKAN PENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKANNNYA,SEHINGGA SAAT PENGENTRIAN DATA PENDUDUK SEMUA ELEMEN DATA SUDAH TERISI. PENGECEKAN GOLONGAN DARAH INI DILAKUKAN OLEH PMI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PADA SETIAP JAM KERJA.

49. LAMAN CERIA (LAYANAN MANDIRI CERIA) 2017 S/D SAAT INI DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SARANA DAN PRASARANA

LAMAN CERIA MERUPAKAN LAYANAN DIMANA MASYARAKAT BISA MEMASUKAN DATANYA SENDIRI SESUAI DENGAN FORMAT TANPA HARUS MENUNGGU ANTRIAN PANJANG.

50. LAYANAN KACA MATA 2017 S/D SAAT INI DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SARANA DAN PRASARANA

LAYANAN KACA MATA DISEDIAKAN KHUSUS BAGI PENGUNJUNG YANG MENGALAMI GANGGUAN PENGLIHATAN DAN TIDAK MEMBAWA KACA MATANYA. MESKIPUN TIDAK MEMBAWA KACA MATA MASYARAKAT TETAP BISA MENGURUS DOKUMEN KEPENDUDUKANNYA.

51. PEDANG SABER 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

PEDANG SABER MERUPAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL , DIMANA PETUGAS DATANG KE NAGARI-NAGARI UNTUK MELAKUKAN PELAYANAN GUNA MENDAPATKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL . JADI PADA SAAT PETUGAS DATANG SEMUA KEBUTUHKAN ADMINISTRASI MASYARAKAT SELESAI PADA HARI ITU JUGA.

52. AJEK 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

AJEK MERUPAKAN PROGRAM INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DIMANA PETUGAS MENDATANGI MASYARKAT DENGAN MENGAMBIL DOKUMEN KEPENDUDUKAN YANG AKAN DIPROSES PADA DINAS UNTUK DITERBITKAN DOKUMENNYA DAN DIANTAR KEMBALI KEPADA YANG BERSANGKUTAN.

53. ALFA BETHA 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

ALFA BETHA MERUPAKAN BENTUK INOASI PENCATATAN SIPIL DIMANA BIDAN YANG MENYAMPAIKAN INFORMASI KELAHIRAN ANAK (BAYI) YANG DIIRINGI DENGAN AKTE KELAHIRAN. DENGAN DEMIKIAN ANAK YANG LAHIR AKAN PULANG BERSAMA AKTENYA SEKALIGUS DENGAN KARTU KELUARGA (KK) DENGAN PENAMBAHAN ANGGOTA KELUARGA BARU.

54. SATRIA 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

SATRIA (PESAN ANTRIAN ANDA) MERUPAKAN INOVASI BARU DINAS DIMANA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN MASYARAKAT DAPAT MENGAMBIL ANTRIAN MELALUI ANDROID DIMANA YANG BERSANGKUTAN BERADA,JADI KETIKA MASYARAKAT SAMPAI DI DINAS MASYARAKAT BISA LANGSUNG MENUNGGU PANGGILAN SESUAI DENGAN NOMOR ANTRIAN.

55. TAMASYA 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

TAMASYA (TAMPEK MANGADU MASYARAKAT) MERUPAKAN PENGEMBANGAN PELAYANAN MELALUI SISTEM JARIANGAN YANG TELAH DISEDIAKAN, DISINI MASYARAKAT DAPAT MENYAMPAIKAN SEMUA KELUHANNYA YANGNANTINYA AKAN DITINDAKLANJUTI OLEH PETUGAS SESUAI DENGAN TOPIK PENGADUAANNYA YANG DISAMPAIAKAN.

56. DUKCAPIL CERIA DIGITAL 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SARANA DAN PRASARANA

INOVASI INI DIBERI NAMA DUKCAPILCERIA DIGITAL DENGAN APLIKASINYA DUKCAPILCERIA MOBILE YANG BISA DI DOWNLOAD DI GOOGLE PLAYSTORE. DI DALAM APLIKASI INI TERSEDIA BERBAGAI FASILITAS LAYANAN DIANTARANYA CEK-KTP ONLINE UNTUK CEK STATUS CETAK KTP-EL , TAMASYA UNTUK LAYANAN PENGADUAN, DUKCAPILCERIA TEAM UNTUK INFORMASI SDM, STANDAR PELAYANAN UNTUK INFORMASI SYARAT PELAYANAN, SATRIA UNTUK ANTRIAN ONLINE, SERTA CEK JUMLAH BLANGKO KTP TERKINI. JADI, CUKUP DOWNLOAD SATU APLIKASI SEMUA INFORMASI SUDAH BISA DIAKSES SEKALIGUS.

57. BU PAPRI (BUKU PANDUAN PERILAKU) 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SARANA DAN PRASARANA

BUKU STANDAR PERILAKU (BU PAPRI) MERUPAKAN BUKU YANG LAHIR DARI HASIL DISKUSI YANG DILAKUKAN OLEH SEMUA SDM YANG ADA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL. DI DALAM BUPAPRI TERSEBUT ADA LEMBAR PENILAIAN KINERJA MASING-MASING PETUGAS. SATU BUKU UNTUK SATU PETUGAS. SETIAP BULANNYA BUKUNYA AKAN DI KUMPULKAN KEPADA PENANGGUNG JAWAB MASING-MASING UNTUK DI BERIKAN PENILAIAN BISA BERUPA TEGURAN, APRESIASI DAN LAINNYA. HAL INI DIHARAPKAN DAPAT MEMBERIKAN EFEK POSITIF PADA PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK.

58. WEEKEND SERVICE 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SEDANG PROSES PEMBUATAN PRODUK HUKUM

ADALAH PELAYANAN YANG DIBUKA PADA HARI SABTU. HAL INI DITUJUKAN UNTUK MEMBERIKAN KESEMPATAN DAN PILIHAN-PILIHAN BAGI MASAYARAKT YANG TIDAK DAPAT MENDAPATKAN PELAYANAN PADA HARI-HARI KERJA.

59. ALIS KETUPAT (AYO LIHAT STATUS KTP MU SETIAP SAAT) 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK SARANA DAN PRASARANA

ALIS KETUPAT MERUPAKAN INOVASI BERUPA APLIKASI BERBASIS WEB DAN ANDROID YANG BERGUNA UNTUK PENGECEKAN STATUS CETAK KTP-EL VIA WEBSITE ATAU ANDROID YANG DAPAT DIAKSES DIMANA SAJA JIKA MEMILIKI AKSES INTERNET.DENGAN ADANYA APLIKASI CEK-STATUS KTP-EL MEMUDAHKAN MASYARAKAT MENGETAHUI STATUS CETAK KTP-EL NYA. UNTUK PENGECEKAN VIA WEBSITE DAPAT MENGAKSES CEK-KTP.TK, SEDANGKAN VIA ANDROID DAPAT MENDOWNLOAD MELALUI GOOGLE PLAYSTORE DENGAN NAMA DUKCAPILCERIA MOBILE. HAL INI TENTUNYA AKAN MENINGKATKAN KEPEMILIKAN KTP-EL DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK.

60. PRISMA 2018 DISDUKCAPIL PELAYANAN PUBLIK

PRISMA (PUSAT RISET STATISTIK DAN MANAJEMEN DATA KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL) MERUPAKAN RUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI YANG BISA MENAMPILKAN LEBIH DARI SATU SUMBER DATA INFORMASI DALAM SATU WAKTU.OPD YANG INGIN MENGETAHUI DATA KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL YANG UP TO DATE YANG TELAH DI KEMAS MENJADI TAMPILAN YANG LEBIH MENARIK MELALUI DISPLAY CANGGIH PRISMA SEHINGGA BISA DILIHAT SECARA LANGSUNG DI RUANGAN INI. SELAIN ITU, SEMUA INOVASI BERBASIS TEKNOLOGI YANG DIMILIKI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB. PADANG PARIAMAN DAPAT DI TAMPILKAN DISINI.

61. GERNIS PAPA 2018 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

GERNIS PAPA MERUPAKAN GERAKAN PERNIKAHAN SEHAT PADANG PARIAMAN. GERNIS SEHAT INI MERUPAKAN GERAKAN YANG DIPERUNTUKKAN UNTUK SETIAP PASANGAN YANG AKAN MENINGKAH DIMANA PASANGAN INI WAJIB MELAKUKAN PEMERIKSAAN HIV. APABILA PASANGAN TERSEBUT TIDAK MELAKUKAN PEMERIKSAAN HIV MAKA KUA TIDAK AKAN MENIKAHKAN PASANGAN TERSEBUT.

62. APLIKASI E-PLANNING 2018 BAPELITBANGDA PELAYANAN PUBLIK

APLIKASI E-PLANNING KAB. PADANG PARIAMAN MERUPAKAN APLIKASI YANG DIBANGUN UNTUK MELAKUKAN PROSES PERENCANAAN MULAI DARI REMBUK KORONG (MUSRENBANG TINGKAT KORONG) HINGGA PENYUSUNAN MATRIK RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD). APLIKASI INI TERDIRI DARI BEBERAPA MODUL APLIKASI YAITU : APLIKASI MUSRENBANG, APLIKASI POKIR, APLIKASI MANAGEMENT USER, APLIKASI REFERENSI, APLIKASI SSH, DAN APLIKASI RENJA/RKPD. APLIKASI INI JUGA TELAH DILENGKAPI BEBERAPA FITUR YAITU : PEMBATASAN JUMLAH USULAN DAN BATASAN WAKTU PENGINPUTAN.

63. PAPA JOSS (PADANG PARIAMAN JEMPUT OSS) 2018 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

PAPA JOSS ADALAH INOVASI DARI DPMPTP DALAM RANGKA MELAKSANAKAN SISTIM OSS (ONLINE SISTIM SUBMISSION) YANG MERUPAKAN AMANAT DARI PP NO. 24 TAHUN 2018. TUJUAN DARI SISTIM INI ADALAH MEMBANTU DAN MEMPERMUDAH PELAKU USAHA DALAM PENERBITAN NIB ( NOMOR INDUK BERUSAHA ) SERTA DAPAT MENGHEMAT WAKTU DAN BIAYA DARI PELAKU USAHA YANG BERADA DI DAERAH PELOSOK KOTA.

64. TAMU KECE (KONSULTASI BISNIS PEMULA DAN WEEKEND SERVIS) 2018 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

TAMU KECE MERUPAKAN LAYANAN DPMPTP YANG DIADAKAN PADA AKHIR PEKAN (WEEKEND) DENGAN MEMBERIKAN PENJELASAN YANG MAKSIMAL KEPADA MASYARAKAT TERHADAP TATA CARA PEMULAIAN BISNIS ( BISNIS PEMULA ) DENGAN TUJUAN MEMBANTU MASYARAKAT ATAU PELAKU USAHA YANG MEMPUNYAI KESIBUKAN DIHARI KERJA SEHINGGA DAPAT MENGURANGI ANTRIAN PEMOHON DALAM PENGURUSAN PERIZINAN YANG TERJADI DIHARI KERJA SERTA MEMPERCEPAT PEMPROSESAN PERIZINAN MASYARAKAT.

65. ACC PAPA (ANJUNG COMMAND CENTER PADANG PARIAMAN) 2018 DISKOMINFO PELAYANAN PUBLIK HANYA APLIKASI

SECARA UMUM COMMAND CENTER MERUPAKAN SEBUAH LOKASI ATAU TEMPAT PENYEDIA KENDALI, KOORDINASI, DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN. COMMAND CENTER DIIBARATKAN SEBAGAI SEBUAH PUSAT KOMANDO ATAU SERING DISEBUT "RUANG PERANG" (WAR ROOM), KARENA DARI RUANGAN COMMAND CENTRE TERSEBUT, SELURUH HAL YANG TERPANTAU DARI SISTEM BISA TERKONTROL, TERMONITOR, DAN DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI DASAR INFORMASI DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN OLEH BERBAGAI PIHAK. COMMAND CENTER ATAU CONTROL CENTER / OPERATION CONTROL CENTER (OCC) JUGA DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI TEMPAT UNTUK MENUGASKAN SERTA MENGENDALIKAN TIM ATAU PERSONEL, DAN SECARA LANGSUNG DAN "REAL-TIME" MEMANTAU JALANNYA AKTIVITAS YANG DILAKUKAN TERSEBUT DARI RUANGAN YANG SAMA SECARA CEPAT DAN EFEKTIF.

66. PADU PNS (PELAYANAN TERPADU PEMANTAUAN NETWORK SYSTEM) 2018 DISKOMINFO LAINNYA

ADALAH SUATU GABUNGAN DARI BEBERAPA JARINGAN YG BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP KOMUNIKASI TERUS MENERUS DALAM JARINGAN. NOC DIRANCANG UNTUK MENYEDIAKAN TEMPAT YANG AMAN DAN BAIK BAGI SERVER DAN PERALATAN NETWORK. NOC TERSEDIA BERUPA, RUANG PENYIMPANAN SERVER, RUANG PENYIMPANAN BATERAI, RUANG KERJA DAN RUANG PENYIMPANAN TOOL KIT.

67. LIPO ONLINE (LAYANAN INFORMASI PUBLIK ONLINE) 2018 DISKOMINFO PELAYANAN PUBLIK

DALAM RANGKA MEWUJUDNYA PEMAHANAN APARAT PEMERINTAH DI DAERAH, BADAN PUBLIK DAN PPID TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK MAKA PEMERINTAH DAERAH MELAKUKAN TEROBOSAN DENGAN INOVASI PENYAMPAIAN INFORMASI SECARA ONLINE YANG DIKENAL DENGAN LIPO ONLINE (LAYANAN INFORMASI PUBLIK ONLINE) YANG BERGUNAN UNTUK MEMUDAHKAN PUBLIK MENCARI INFORMASI PEMERINTAH SECARA CEPAT, TEPAT. LAYANAN INI DISEDIAKAN SECARA ONLINE DALAM BENTUK WEBSITE PPID.

68. SIJOLI (SISTEM INFORMASI SIDIK JARI ONLINE) 2018 DISKOMINFO TATA KELOLA PEMERINTAH

PINJERPRIN YANG BERFUNGSI SEBAGAI REKAM KEHADIRAN ELEKTRONIK DISUSUN DALAM SEBUAH SISTIM DALAM BENTUK APLIKASI LAYANAN SISTIM SIDIK JARI ONLINE (SIJOLI ONLINE). PEMANFAATNYA DALAM HAL PEMANTAU KEHADIRAN ASN SECARA ONLINE DAN ON TIME TEPAT WAKTU SEHINGGA PIMPINAN DAPAT MENGAMBIL KEBIJAKAN UNTUK ASN SECARA TEPAT DAN CEPAT.

69. PAPA ANJAP 2018 RSUD PELAYANAN PUBLIK

SALAH SATU TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH DAERAH ADALAH MEMBERIKAN LAYANAN PRIMA DI BIDANG KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT. TERUTAMA UNTUK MASYARAKAT GOLONGAN BAWAH, LAYANAN KASEHATAN YANG TERJANGKAU TENTU MENJADI SUATU KEWAJIBAN UNTUK DIPENUHI. MENGINGAT JUMLAH PENDUDUK YANG CUKUP BESAR DAN JARAK TEMPUH MASYARAKAT YANG CUKUP JAUH MENUJU RSUD UNTUK SEBAGIAN WILAYAH DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN, MAKA DIPERLUKAN SEBUAH INOVASI UNTUK MENGATASI MASALAH TERSEBUT. LAYANAN ANJAP PAPA MERUPAKAN LAYANAN TRANSPORTASI GRATIS UNTUK PASIEN RAWAT INAP RSUD PADANG PARIAMAN TERUTAMA UNTUK MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH DAN DISABILITAS.

70. PELAYANAN ADMINISTRASI NIKAH TERINTEGRASI (PANTER) 2018 KEC. ENAM LINGKUNG PELAYANAN PUBLIK

SAAT INI MASIH TERDAPAT MASYARAKAT YANG SUDAH MENIKAH TAPI BELUM MELAKUKAN PERUBAHAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN SEPERTI PERUBAHAN STATUS DALAM KTP, PEMBUATAN KK BARU DAN BANYAKNYA MASYARAKAT YANG BELUM TERGABUNG DALAM PROGRAM JKN YAITU BPJS KESEHATAN YANG SUDAH MENJADI PROGRAM PEMERINTAH. LAYANAN PANTER HADIR MEMBERIKAN KEMUDAHAN DAN MEMFASILITASI MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH DOKUMEN KEPENDUDUKAN SEBAGAI DAMPAK DARI PERNIKAHAN SERTA MENDORONG MASYARAKAT UNTUK MAU TERGABUNG DALAM BPJS KESEHATAN SEBAGAI PROGRAM PRIORITAS PEMERINTAH PUSAT.

71. PUSAT INFORMASI PANGAN PADANG PARIAMAN (PIPATHREE) 2018 DINTAN KP LAINNYA

PIPATHREE ADALAH INOVASI YANG MENYAMPAIKAN INFORMASI SEPUTAR PANGAN TERUTAMA BERITA TERKINI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN. HAL INI BERTUJUAN AGAR INFORMASI DAPAT DISAMPAIKAN LEBIH CEPAT DAN SEMUA MASYARAKAT BISA MENGAKSESNYA. MENYAMPAIKAN INFORMASI SEPUTAR PANGAN TERUTAMA BERITA TERKINI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN.

72. PELEPASAN VARIETAS UNGGUL DAERAH PADI PUTIAH PAPANAI MENJADI VARIETAS UNGGUL NASIONAL 2018 DINTAN KP LAINNYA

MERUPAKAN PELEPASAN VARIETAS PUTIAH PAPANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN DARI VARIETAS UNGGUL DAERAH MENJADI UNGGUL NASIONAL. SAAT INI VARIETAS PADI LOKAL PUTIAH PAPANAI SUDAH TERDAFTAR DI PUSAT PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN DAN PERIZINAN PERTANIAN KEMENTERIAN PERTANIAN RI.

73. PEMBANGUNAN KEBUN ENTRES KAKAO KLON BL - 50 2018 DINTAN KP LAINNYA

SAAT INI TELAH TERBANGUN KEBUN ENTRES KAKAO 1 HA DAN DALAM PEMBANGUNAN 1 HA. KEBUN ENTRES INI DAPAT MENSUPLAI KEBUTUHAN BENIH UNTUK PRODUKSI PADA WILAYAH KAB. PADANG PARIAMAN, PROP SUMBAR MAUPUN SELURUH INDONESIA.

74. PENDAFTARAN VARIETAS LOKAL TANAMAN DURIAN 2018 DINTAN KP LAINNYA

KABUPATEN PADANG PARIAMAN MERUPAKAN SENTRA DURIAN DI SUMATERA BARAT. TANAMAN DURIAN YANG ADA PADA UMUMNYA VARIETAS LOKAL BELUM TERDAFTAR DI KEMENTERIAN PERTANIAN, SEHINGGA BELUM DAPAT MENETAPKAN VARIETAS YANG UNGGUL. TUJUANNYA ADALAH TERLAKSANANYA PENDAFTARAN VARIETAS TANAMAN DURIAN DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN.

75. PENUMBUHAN KAWASAN NAGARI MANDIRI PANGAN (KAWAN MAPAN PAPA) 2018 DINTAN KP LAINNYA

TUJUAN INOVASI INI ADALAH MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN MELALUI PADAT KARYA DAN MENURUNKNAN STUNTING DI WILAYAH YANG RENTAN PAGAN UNTUK MEWUJUDNYA KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT BERLANDASKAN KEMANDIRIAN. SAAT INI TELAH DIKELUARKAN SURAT KEPUTUSAN BUPATI PADANG PARIAMAN UNTUK KEGIATAN KAWASAN NAGARI MANDIRI PANGAN YAITU ADA 4 DAERAH YANG MENJADI PRIORITAS KEGIATAN.

76. CADANGAN PANGAN PEMERINTAH PADANG PARIAMAN (CPP PAPA) 2018 DINTAN KP LAINNYA

TUJUAN PENYEDIAAN CADANGAN PANGAN ADALAH UNTUK MENANGANI/MENGANTISIPASI MASALAH KERAWANAN PANGAN KEADAAN DARURAT, KERAWANAN PANGAN SPESIFIK LOKAL, SERTA UNTUK MENGANTISIPASI DAN MENGAWASI KERAWANAN PANGAN DAERAH. SELAIN TU CADANGAN PANGAN JUGA DIPERLUKAN SEBAGAI ANTISIPASI DARI GAGAL PANEN, BENCANA ALAM, DAN BENCANA SOSIAL YANG BERDAMPAK TERHADAP PRODUKSI SERTA KETERSEDIAAN PANGAN.

77. POSTER PAPA (POSYANDU TERNAK PADANG PARIAMAN) 2018 DISNAKESWAN PELAYANAN PUBLIK

HEWAN YANG SEHAT AKAN BEREPRODUKSI DENGAN BAIK SEHINGGA MENINGKATKAN PRODUKTIFITASNYA YANG SECARA LANGSUNG AKAN BERDAMPAK POSITIF PADA PEREKONOMIAN MASYARAKAT. POSTER PAPA HADIR DALAM RANGKA MENDEKATKAN LAGI PELAYANAN KESEHATAN HEWAN DITENGAH MASYARAKAT SERTA PENJAMINAN KEAMANAN PANGAN ASAL HEWAN YANG DIKONSUMSI OLEH MASYARAKAT.

78. LAWAN KELILING (LAYANAN PUSKESWAN KELILING) 2018 DISNAKESWAN PELAYANAN PUBLIK

IDEALNYA PUSKESWAN MEMILIKI WILAYAH KERJA 1 - 3 KECAMATAN DENGAN 2000 SATUAN TERNAK (PERMENTAN NO 64 TH 2007). NAMUN DI KAB. PADANG PARIAMAN HANYA TERDAPAT 1 UNIT. UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN TERSEBUT DILAKUKAN PELAYANAN PUSKESWAN KELILING. DENGAN ADANYA INOVASI INI DIHARAPKAN MAMPU MENJAWAB SEMUA PERMASALAHAN YANG DI TIMBULKAN DARI PERMASALAHAN PETERNAKAN TERUTAMA DI BIDANG KESEHATAN HEWAN DAN KESEHATAN MASYARAKAT VETERINER.

79. M - SIMDA PAPA 2018 BPKD PELAYANAN PUBLIK

TTES

80. Sosis Gemarikan 2018 Dinas Perikanan PELAYANAN PUBLIK

Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah suatu gerakan moral untuk bisa memotivasi masyarakat secara luas untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat. Gemarikan mulai dilaksanakan pada tahun 2004 mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai ke tingkat pemerintah nagari

81. SIPAKEM (Sistem Pelaporan Kelahiran dan Kematian 2018 Disdukcapil PELAYANAN PUBLIK

Sipakem merupakan hasil kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman. Dimana dukcapil menyediakan aplikasi SIPAKEM yang penginputan data kelahiran dan kematian berbasis NIK dibantu oleh petugas puskesmas se kabupaten padang pariaman.

82. JEVALA (JEMPUT IVA KE LAPANGAN) 2018 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Dengan hadirnya JEVALA di tengah masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pasar Usang dapat diterima dengan baik sehingga menunjang kegiatan POSBINDU PTM yang mandiri, jumlah yang diperiksa pada tahun 2017 161 orang ditemukan 4 positif. kendala 2017 banyak keluhan ibu-ibu yang tidak bisa periksa ke puskesmas karna tidak bisa meninggalkan anak-anak, 2018 dg jevala peningkatan yaitu 193 dan semua negatif

83. Jumsepase 2018 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Bertujuan Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM). Sasaran utama kegiatan adalah kelompok masyarakat berusia 15 tahun ke atas

84. POSBINDU BADONCEK 2018 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Bertujuan Mendorong masyarakat mandiri dalam pencegahan PTM, meningkatnya peran serta ,masyarakat dalam pencegahan dan penemuan secara dini resiko PTM

85. Gerakan Peduli Keluarga (GELIGA) 2018 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Lebih dari 90% kematian ibu disebabkan komplikasi obstetri, yang sering tidak diramalkan saat kehamilan. Kebanyakan komplikasi itu terjadi pada saat atau sekitar persalinan. Banyak di antara para ibu yang dikategorikan tidak beresiko, ternyata mengalami komplikasi dan atau sebaliknya, diantara para ibu yang di kategorikan beresiko ternyata persalinannya berlansung normal. Karena itu pendekatan yang dianjurkan adalah menganggap semua kehamilan itu beresiko dan setiap ibu hamil agar mempunyai akses pertolongan persalinan yang aman dan pelayanan obstetri

86. Monitoring Realisasi Anggaran Via Mobile Android 2018 BPKD TATA KELOLA PEMERINTAH

Pembuatan aplikasi ini bertujuan Memudahkan dalam Memantau Pelaksanaan Realisasi Anggaran

87. KLINIK LKPM ( Konsultasi Layanan Investasi Untuk Kemudahan Laporan Kegiatan Penanaman Modal ) 2018 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

Merupakan inovasi berupa forum konsultasi yang disediakan oleh DPMPTP bagi pelaku usaha dalam menggunakan LKPM secara online

88. Gernis Papa 2018 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Duplikat dengan No. 25


Melakukan program inovasi dengan Melakuka skrining terhadap ke2 catin baik memalui pemeriksaan fisik, labor dan konseling sehingga dpt melahirkan generasi kuat dan cerdas

89. Kebun Jo Puspa 2018 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Inovasi ini bertujuan Meningktakan kesehatan ibu hamil dan menurunkan angka kematian ibu serta melibatkan peran serta kader

90. PAPA GUWE (Padang Pariaman Gerakan Seribu Website) 2018 Diskominfo PELAYANAN PUBLIK

Duplikasi dg no. 125


Ditengah maraknya perkembangan teknologi informasi Website merupakan sesuatu hal yang paling penting untuk media promosi penyebaran informasi dan gambaran suatu instansi atau lembaga. Untuk itu halangan instansi pemerintah perlu membuat website sebagai sarana komunikasi dan informasi terutama terkait dengan profil lembaga dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. dalam rangka membantu pembuatan website pemerintah di masing-masing unit kerja maka Diskominfo memprogramkan gerakan seribu website. fasilitasi yang diberikan adalah dalam bentuk pelatihan pembuatan website, pengunaan dan mengoperasikanya

91. PADANG PARIAMAN ANTA JAPUIK PASIEN RAWAT INAP (PAPA ANJAP) 2018 RSUD PELAYANAN PUBLIK

Salah satu tanggung jawab pemerintah daerah adalah memberikan layanan prima di bidang kesehatan kepada masyarakat. Terutama untuk masyarakat golongan bawah, layanan kasehatan yang terjangkau tentu menjadi suatu kewajiban untuk dipenuhi. Mengingat jumlah penduduk yang cukup besar dan jarak tempuh masyarakat yang cukup jauh menuju RSUD untuk sebagian wilayah di Kabupaten Padang Pariaman, maka diperlukan sebuah inovasi untuk mengatasi masalah tersebut. Layanan ANJAP PAPA merupakan layanan transportasi gratis untuk pasien rawat inap RSUD Padang Pariaman terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan disabilitas.

92. PAPA GUWE (Padang Pariaman Gerakan Seribu Website) 2018 Diskominfo PELAYANAN PUBLIK

Ditengah maraknya perkembangan teknologi informasi Website merupakan sesuatu hal yang paling penting untuk media promosi penyebaran informasi dan gambaran suatu instansi atau lembaga. Untuk itu halangan instansi pemerintah perlu membuat website sebagai sarana komunikasi dan informasi terutama terkait dengan profil lembaga dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. dalam rangka membantu pembuatan website pemerintah di masing-masing unit kerja maka Diskominfo memprogramkan gerakan seribu website. fasilitasi yang diberikan adalah dalam bentuk pelatihan pembuatan website, pengunaan dan mengoperasikanya

93. SIKIM ( Suara Industri Kecil dan Menengah ) 2018 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

Sikim Merupakan Suara Industri Kecil dan Menengah yang beriontasi untuk menampung aspirasi dari IKM secara efektif dan efesien yang akan dituangkan dalam sebuah website

94. SIPINTER ( Sistem Peluang Investasi Terintegrasi ) 2018 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

Merupakan inovasi dari DPMPTP berupa  Peta Digital Potensi dan Peluang Investasi Kabupaten Padang Pariaman yang bisa diakses dengan mengunakan smart phone (android)

95. SABERMAS 2019 DINAS KESEHATAN PELAYANAN PUBLIK

SABERMAS INI MERUPAKAN GERAKAN SATU HARI BERSAMA MASYARAKAT. GERAKAN INI DILAKUKAN DI WILAYAH PUSKESMAS YANG KINERJANYA JAUH DARI TARGET KINERJA YANG DITETAPKAN. DI KEGIATAN INI AKAN DILAKUKAN EVALUASI TERHADAP KINERJA TERSEBUT DAN PERMASALAHAN APA SAJA YANG TEJADI WILAYAH TERSEBUT. DISINI AKAN DILAKUKAN PEMECAHAN MASALAH SEHINGGA SEMUA PERMASALAHAN DAPAT DIPECAHKAN.

96. TEKONOLOGI JARWO SUPER PADI SAWAH 2019 DINTAN KP LAINNYA

WALAUPUN KABUPATEN PADANG PARIAMAN MENGALAMI SURPLUS BERAS, NAMUN PRODUKTIVITAS PADI SAWAH MASIH DIBAWAH PRODUKTIVITAS NASIONAL. SALAH SATU CARA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI PADI DAPAT DILAKUKAN DENGAN PENERAPAN TEKNOLOGI JAJAR LEGOWO SUPER (JARWO SUPER) TANAMAN PADI SAWAH. TUJUAN KEGIATAN INI ADALAH UNTUK MENINGKATKAN PROVITAS DAN PRODUKSI PADI SAWAH.

97. Sabiduk Pari 2019 Dinas Perikanan PELAYANAN PUBLIK

Kerjasama dengan DPMPTP


Manfaat inovasi sabiduak Pari adalah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha perikanan untuk mendapatkan pelayanan perizinan perikanan, dimana pelaku usaha dapat memilih untuk mendapatkan pelayanan perizinan perikanan di Dinas Perikanan atau langsung ke DPMPTP

98. Komprehensih Onlin Penyajian Inovasi Data Akurat (KOPI DARAT) 2019 DPPKB PELAYANAN PUBLIK

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka menyajikan data akurat membuat Aplikasi data yang memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait masalah KKBPK dan Generasi Berencana melalui Website KOPI DARA

99. CAKAU 2019 DPPKB PELAYANAN PUBLIK

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Padang Pariaman merumuskan inovasi CAKAU dengan arti Cari Akseptor KB, Alakon tersedia dan terpenuhi, Kualitas Pelayanan ditingkatkan, Atasi komplikasi/dropout dan Unmetneed di turunkan dengan cara melakukan pelayanan KB ke daerah-daerah yang rendah capaian Akseptor KBnya

100. BERE – BERE ( Bengkel GenRe Bereputasi ) 2019 DPPKB PELAYANAN PUBLIK

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman membuat Inovasi Bere – Bere ( Bengkel GenRe Bereputasi ) untuk meningkatkan dan memudahkan Pik Remaja / Mahasiswa untuk membantu dan membina remaja menyiapkan masa depannya terutama dalam perencanaan kehidupan berkeluarga serta merespon permasalahan – permasalahan yang terjadi pada remaja. BKKBN sesuai dengan amanat UU No. 52 Tahun 2009 mengembangkan program Generasi Berencana yang disingkat dengan GenRe

101. Serentak Menggarab Kampung KB (SERGAB KAKAB ) 2019 DPPKB PELAYANAN PUBLIK

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka menyajikan data akurat membuat Aplikasi data yang memudahkan masyarakat meng akses informasi terkait maslah KKBPK dan Generasi Berencana melalui Website KOPI DARAT DPPKB Padang Pariaman

102. SIBUDI TAMPAN 2019 Dinas Perikanan PELAYANAN PUBLIK

Aplikasi ini untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan, pelayanan, dan pembinaan kepada pelaku utama penangkapan ikan (nelayan) dan sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan

103. SINELA MANIS 2019 Dinas Perikanan PELAYANAN PUBLIK

Aplikasi ini untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan, pelayanan, dan pembinaan kepada pelaku utama pembudidaya ikan dan sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan

104. PAPA SADAR BANA (Padang Pariaman Siaga Darurat Bencana) 2019 BPBD PELAYANAN PUBLIK

BPBD Kab. Padang Pariaman meluncurkan aplikasi Call center 112 dengan nama “PAPA SADAR BANA” (Padang Pariaman Siaga Darurat Bencana). Dimana nomor ini ditelpon secara gratis 24 jam 7 hari seminggu yang bias memudahkan masyarakat padang pariaman kalau ada bencana bisa menelpon BPBD walaupun tanpa pulsa

105. Jumat Sehat dan Berkah (JAMSADAKAH) 2019 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Jamsadakah dilakukan screning kesehatan khususnya PTM ditambah dengan pengobatan yang dilaksanakan di masjid setiap hari jumat

106. PENSIL ( Pendamping Setia Ibu Hamil) 2019 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Pendampingan ibu hamil bertujuan untuk mendeteksi bahaya 3 terlambat, memberika motivasi dan penyuluhan kepada bumilo, keluarga dan orang yang berpengaruh sampai mendapatkan pelayanan persalinan oleh tenaga kesehatan

107. COBA SIMITRA 2019 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

BERTUJUAN UNTUK MENGURANGI PESERTA HIPERTENSI DAN MEMBERIKAN INFORMASI K MASYARAKAT BAHWA MENTIMUN DAPAT

MENURUNKAN TEKANAN DARAH

108. NAGARI BEBAS STUNTING 2019 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

BERTUJUAN UNTUK MENURUNKAN PREVALENSI STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKSMAS SEI GERINGGING DAN MENCEGAH KEJADIAN STUNTING UTK KEDEPANNYA

109. PEKA TENSI 2019 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

BERTUJUAN MENCEGAH DAN MENGETAHUI SECARA DINI KASUS PTM dan MENINGKATKAN KUNJUNGAN PUSKESMAS

110. POS GIZI 2019 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

Pos Gizi merupakan tempat berkumpulnya balita kurang gizi dan orang tua/ pengasuh untuk belajar mempraktikkan perilaku unik positif yang telah terbukti dapat mempertahankan status gizi balita

111. PAPA ASIK (Padang Pariaman dalam Aplikasi Statistik) 2019 Diskominfo PELAYANAN PUBLIK

Merupakan Aplikasi Mobile Statistik Padang Pariaman. Ini bertujuan memberikan pelayanan akan kemudaian dan solusi akses data statistik Padang Pariaman yang cepat, mudah, dan murah; data statistik tersaji dengan ukuran konten yang lebih kecil; dan untuk mengakses data statistik tersebut tidak harus tergantung pada jaringan internet, aplikasi bisa digunakan secara offline.

112. PATAKA 2019 BPBD PELAYANAN PUBLIK

Untuk dapat menvisual data data kejadian bencana, diperlukan suatu media yang interkatif untuk dapat menyajikan kejadian kejadian bencana. Maka untuk itu BPBD padang pariaman membuat suatu aplikasi database kejadian bencana yang berbasiskan web base yang di sebut dengan Pusat Data Kejadian Bencana yang disebut dengan PATAKA.

113. SP2D ONLINE 2019 BPKD TATA KELOLA PEMERINTAH

Inovasi ini bertujuan Memudahkan OPD dalam mengakses penerbitan SP2D sehingga Terwujudnya pelayanan OPD dalam pengelolaan keuangan daerah

114. SISTIM INFORMASI MANAJEMEN BENCANA ( SIMUNA ) 2019 BPBD PELAYANAN PUBLIK

Sistem Informasi Manajemen Bencana (SIMUNA) adalah suatu aplikasi berbasis android yang dikembangkan untuk manajemen kebencanaan. Sistem ini dikembangkan oleh oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten padang pariaman dalam upaya untuk memberikan informasi secara cepat kepada masyarakat dalam bentuk Peta yang berbasis Sistem Informasi Geografis.

115. Please Care Papa 2019 Dinas Sosial P3A PELAYANAN PUBLIK

Inovasi ini berguna untuk meningkatkan pelayanan dan penanganan kemiskinan yang lebih efektif dan efisien, perlu dibentuk pusat layanan terpadu penanganan kemiskinan.

116. PAK HITAM ( Plelayanan Administrasi Kantor Hubungan Industrial tanpa Masalah 2019 DPMPTP PELAYANAN PUBLIK

Merupakan suatu inovasi berupa Draf Serah Terima Berkas Hubungan Industrial dalam rangka mempercepat dan memberikan kepastian dalam pelayanan hubungan industrial

117. CETAP MIRES 2019 Dinas Kesehatan PELAYANAN PUBLIK

INOVASI INI BERTUJUAN MENINGKATKAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENDAMPINGAN IBU HAMIL BERESIKO

118. GERBANGKU ( Gerakan Pengembangan UKM ) 2019 Disdagnakerkop UKM LAINNYA

Belum adanya pusat informasi bagi pelaku UKM untuk mengembangkan usaha seperti mengetahui jumlah data UKM, pemasaran, bentuk-bentuk pelatihan dan jenis-jenis perizinan yang dimiliki oleh UKM, untuk itu perlu dibuat sistem aplikasi untuk diakses oleh pelaku masyarakat atau pelaku UKM

119. TANGKAS AMAN 2019 BPBD PELAYANAN PUBLIK

Dalam hal perlunya dilakukan koordinasi yang lebih intensif dalam rangka memperlancar penanggulangan penyelenggara penanganan darurat bencana maka perlu dibentuk tim kajian cepat dari berbagai institusi maupun instansi yang bekerja berdasarkan ProsedurTetap Tim KajianCepat TANGKAS AMAN Kabupaten Padang Pariaman

120. Sikambie ( Koperasi, Kelembagaan, Manajemen, Pembiayaan dan Awasi ) 2019 Disdagnakerkop UKM LAINNYA

untuk meningkatkan koperasi yang lebih maju, mandiri dan milineal 4.0, serta koperasi yang tidak aktif menjadi aktif kembali, sedangkan koperasi yang sudah aktif menjadi lebih maju lagi dan bisa meningkatkan volume usaha koperasi

121. SIAPKan (Sistim Informasi Administrasi Perkantoran) 2019 Diskominfo TATA KELOLA PEMERINTAH

dengan teknologi informasi sebuah pekerjaan akan dapat berjalan secara efektif, efesien, cepat dan transparan. untuk itu sebagai inovasi lembaga pemerintah Dinas Kominfo membuat aplikasi administrasi perkantoran korenspondensi surat menyurat dinas bagi aparatur secara elektronik dengan nama SIAPKan (Sisitim Informasi administrasi Perkantoran)

122. PAPA VIRAL (Padang Pariaman Penyebarluasan Informasi Pembanguan Daerah Melalui Vidio, Infografis dan 2019 Diskominfo TATA KELOLA PEMERINTAH

Dalam rangka keterbukaan informasi publik pemerintah daerah melalui dinas kominfo selama ini masih melakukan penyebaran informasi melalui media masa koran, akan tetapi karena perkembangan teknologi dan informasi hal tersebuh kurang efektif dilakukan karena publik lebih banyak mengaksess informasi secara digital. Untuk itu agar Penyebarluasan Informasi lebih efektif dan banyak diketahui oleh masyarakat, maka perlu disampaikan melalui media audio visual,infografik di dunia maya.

123. SIPANGAN (Sistim Informasi Pelaporan Jaringan) 2019 Diskominfo TATA KELOLA PEMERINTAH

Infrastruktur jaringan meliputi sistem transmisi data baik secara nirkabel, maupun secara konvensional dengan kabel data. Serta peralatan jaringan di sisi LAN dan WAN seperti switch, router, modem.

124. IBU SELAMAT BAYI SEHAT AKTA DIDAPAT (BULAT SEDAP) 2019 RSUD PELAYANAN PUBLIK

Inovasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan kesehatan khususnya ibu dan anak serta memberikan pelayanan prima dan peningkatan jumlah kunjungan ke RSUD Padang Pariaman

125. Ceria Taruih (pasien yang memenuhi kriteria obatnya diantar oleh petugas khusus dari RSUD Padang Par 2019 RSUD PELAYANAN PUBLIK

Merupakan terobosan untuk mempermudah mekanisme pengambilan obat di apotik pada psien tertentu dengan mengantarkan obat ke rumah pasien sehingga pasien tidak perlu menunngu antrian lama di apotik.

126. LOUNDRY WANGI 2019 RSUD PELAYANAN PUBLIK

Pelayanan Laundry merupakan salah satu bentuk Pelayanan Publik yang dilakukan RSUD Padang Pariaman yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan inovatif agar bisa memberikan pelayanan prima kepada pasien dan keluarga pasien dan mampu meningkatkan angka kunjungan Rawat Inap RSUD Padang Pariaman.

127. MENU SARAPAN SEHAT BERSELERA (MENSERA) 2019 RSUD PELAYANAN PUBLIK

RSUD Padang Pariaman selain mengutamakan kenyamanan dan pelayanan pasien, mulai bergerak memikirkan kenyamanan penunggu pasien. Upaya meningkatkan loyalitas pasien ini adalah memberikan pelayanan lebih dibanding pelayanan rumah sakit dan instansi sejenis lainnya. Hal ini menjadikan alasan RSUD Padang Pariaman melahirkan inovasi yang diberi nama “MENSERA” Menu Sarapan Sehat Berselera” dengan menyediakan menu sarapan bagi penunggu pasien di RSUD Padang Pariaman sehingga penunggu pasien mendapat kenyamanan dalam menunggui anggota keluarganya yang sedang dirawat.

128. Teman Kadis (Sistem Informasi Agenda Kegiatan Dinas) 2019 Diskominfo TATA KELOLA PEMERINTAH

Administrasi Kegiatan Dinas selama ini dicatat dan diinformasikan secara manual. sesuai dengan perkembangan teknologi dan banyaknya agenda kegiatan serta mewujudkan pengarsipan secara digital maka perlu dibuat sebuah inovasi terkait dengan agenda kegiatan dinas. untuk itu Dinas Kominfo membuatan inovasi dengan mengunakan teknologi informasi dalam bentuk aplikasi e-agenda yang diberi nama "Teman Kadis" (Sistem Informasi Agenda Kegiatan Dinas)

129. SITIKA (Sistem Informasi Telekomunikasi Intra Kantor) 2019 Diskominfo TATA KELOLA PEMERINTAH

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah membangun jaringan Internet yang terkoneksi antar OPD, Kecamatan, Puskesmas, Sekolah dan Nagari dengan kabel Fiber Optik (FO). Selama ini jaringan tersebut hanya digunakan untuk akses internet dan free WIFI. Untuk itu dinas Kominfo membuat inovasi dalam pemanfaatan jaringan kabel FO tersebut untuk layanan telpon gratis (voice), PABX, integrasi data melalui flatform, vidio telekonfrence, CCTV monitor antar OPD, Kecamatan, Puskesmas, Sekolah dan Nagari. adapun nama inovasi tersebut adalah Sistem Informasi Telekomunikasi Intra Kantor (SITIKA)

130. PEDANG AKSI (Pencari Kerja Datang AK. 1 Siap) 2019 Disdagnakerkop UKM PELAYANAN PUBLIK

Merupakan aplikasi dimana Pencari kerja bisa lebih mudah mengakses informasi tentang persyaratan Kartu Tanda Pencari Kerja, Mendaftarkan AK. 1 secara Online, serta bisa juga mendaftar pada lowongan kerja yang buka yang terdaftar dalam aplikasi

131. awok 2023 asd PELAYANAN PUBLIK

asdasd


asdasd